RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/2 (Dua)
Materi Pokok :
Teks descripitive lisan dan tulis,pendek dan sederhana, tentang tempat.
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4
JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
A.
Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
Menerapkan
struktur teks dan unsure kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, tempat,
dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya .
|
1.1.1 Menulis learning log
yang mengungkapkan rasa syukur
atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
|
2.
|
Menangkap
makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa
diingatkan orang lain
|
3.
|
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, tempat,
danbenda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.7.1 Menentukantujuan komunikatif teks
3.7.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.7.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
4.8.1 Menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
4.8.2 Menyatakan sifat dan ciri
fisik benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima
4.8.3 Menanyakan sifat dan ciri
fisik benda secara tertulis dengan akurat,
runtut dan berterima
4.8.4 Menyatakan sifat dan ciri
fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Mengindentifikasi
teks descriptive dari text yang telah diberikan
2)
Menemukan informasi
dari text descriptive yang telah dibeerikan
3)
Menyusun teks
descriptive tentang berbagai tempat
C.
Materi
Pembelajaran
1. Fungsi
Sosial :Mendeskripsikan tempat untuk kepentingan
mengunjungi, menjual, membeli, mengenalkan.
2.
Struktur Teks :
1) Penyebutan
nama tempat yang dipilih
untuk dideskripsikan
2) Penyebutan
sifat tempat, dan
3) Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan tempat.
4)
Panjang
teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
Borobudur temple
is one of the most beautiful tourist resorts in Indonesia. It is situated in
central Java. Borobudur temple is one of the seven wonders of the world which
needs to be preserved its circumstances. The people all over the world know
that Borobudur is one of the greatest art works that ever known since long time
ago.Borobudur temple was built by Syailendra Dynasty during the eighth century.
It needed more than two million river stones.
3. Unsur
Kebahasaan:
(1) Pertanyaan dan pernyataan tentang deskripsi
a)
Where does Borobudur temple
situated?
b)
Borobudur temple is one of the seven
wonders of the world which needs to be preserved its circumstances.
c)
It needed more than two million
river stones.
(2) Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3) Kata ganti it.
(4) Penggunaan kata sifat seperti high,big,
great, etc.
(5) Penggunaan Degree of Comparisons, seperti more, most, etc.
(6) Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
4.
Topik: Berbagai hal terkait dengan tempat.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Scientific
Approach
2.
Writing process
E.
Media, Alat, dan SumberPembelajaran
1.
Media
Gambar
tempat
2.
Alat
Realief tempat, spidolwarna, kertas spectra,
kertasplano
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku Teks Wajib
b.
Keteladanan ucapan dan
tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal dengan benar
dan akurat
F.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Pendahuluan (10
menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam Tegur Sapa
|
1)
Guru memberi salam;
2)
Guru memeriksa
kehadiran siswa;
3)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
|
KegiatanInti (60
menit)
|
|
Observing
|
Siswa diajak mereview tentang teks descriptive yang diberikan guru
yaitu tentang , pengertian teks descriptive, generic strucktur dan fungsi
sosial.
|
Siswa diajak untuk mereview tentang grammar dari teks
descriptive yang telah disediakan.
|
|
Questioning
|
Dengan bimbingan guru siswa menanyakan tentang perbedaan
antara teks descriptive yang ada di Indonesia dan teks descriptive yang da di
dalam bahasa inggris.
|
Experimenting
|
Gru mejelaskan tentang writing
process kepada murid.
|
Siswa diminta untuk membuat konsep
tentang teks descriptive mereka.
|
|
Siswa diminta untuk memikirkan
teks descriptive apa yang akan mereka buat
|
|
Associating
|
Siswa dibagagi menjadi 4 kelompok
|
Siswa hanya diberi waktu 10 menit
untuk menyelesaikan teks descriptive nya.
|
|
Networking
|
Setiap kelompok diminta untuk
mengoreksi hasil pekerjaan kelompok lain
|
Setiap siswa diminta untuk
memberi komentar pada pekerjaan teman yang lain
|
|
Penutup (10 menit)
|
|
Closing
|
1)
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik memperhatikan
informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan.
|
G.
Rubric penilaian
Teknik
penilaian :
Writing test.
Instrumen : Writing test.
Rubric :
NO
|
COMPONENTS
|
RANGE
|
DESCRIPTION
|
1
|
CONTENT
|
15-20
10-14
5 - 9
0 – 4
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: related ideas
GOOD:
occasionally unrelated ideas
FAIR TO
POOR: very often unrelated ideas
VERY POOR:
irrelevant ideas
|
3
|
VOCABULARY
|
20 – 25
15 – 19
10 – 14
5 – 9
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: effective word choice
GOOD:
mostly effective word choice
FAIR TO
POOR: frequently error in word choice
VERY POOR:
mostly ineffective word choice
|
4
|
GRAMMAR
|
25 – 30
20 – 24
15 – 19
10 – 14
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: grammatically correct
GOOD: mostly
grammatically correct
FAIR TO
POOR: frequently error in grammar
VERY POOR:
very often error in grammar
|
5
|
MECHANICS
|
20 – 25
15 - 19
10 - 14
5 – 9
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: few errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
GOOD: occasionally errors in spelling, punctuation,
capitalization, paragraphing
FAIR TO POOR: frequent errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
VERY POOR: dominated by errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
|
TOTAL
SCORE
|
Penilaian

Maksimal
nilai
1.
Very Good : 90- 100
2.
Good : 80-90
3.
Ok :70- 85
4.
Bad : > 70
Kediri,
Kepala sekolah SMPN 1 Kunjang Guru
bahasa Ingrris
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/2 (Dua)
Materi Pokok :
Teks descripitive lisan dan tulis,pendek dan sederhana, tentang tempat.
Alokasi Waktu : 2 pertemuan (4
JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
A.
Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
Menerapkan
struktur teks dan unsure kebahasaan untuk melaksanakan fungsi social teks
deskriptif dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, tempat,
dan benda, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya .
|
1.1.1 Menulis learning log
yang mengungkapkan rasa syukur
atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
|
2.
|
Menangkap
makna dalam teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa
diingatkan orang lain
|
3.
|
Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, tentang orang, tempat,
danbenda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.7.1 Menentukantujuan komunikatif teks
3.7.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.7.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks
4.8.1 Menanyakan sifat dan ciri fisik benda secara lisan dengan
akurat, lancar dan berterima
4.8.2 Menyatakan sifat dan ciri
fisik benda secara lisan dengan akurat, lancar dan berterima
4.8.3 Menanyakan sifat dan ciri
fisik benda secara tertulis dengan akurat,
runtut dan berterima
4.8.4 Menyatakan sifat dan ciri
fisik benda secara tertulis dengan akurat, runtut dan berterima
|
B.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Mengindentifikasi
teks descriptive dari text yang telah diberikan
2)
Menemukan informasi
dari text descriptive yang telah dibeerikan
3)
Menyusun teks
descriptive tentang berbagai tempat
C.
Materi
Pembelajaran
1. Fungsi
Sosial :Mendeskripsikan tempat untuk kepentingan
mengunjungi, menjual, membeli, mengenalkan.
2.
Struktur Teks :
1) Penyebutan
nama tempat yang dipilih
untuk dideskripsikan
2) Penyebutan
sifat tempat, dan
3) Penyebutan
tindakan dari atau terkait dengan tempat.
4)
Panjang
teks: kurang lebih 6 (enam) kalimat.
Borobudur temple
is one of the most beautiful tourist resorts in Indonesia. It is situated in
central Java. Borobudur temple is one of the seven wonders of the world which
needs to be preserved its circumstances. The people all over the world know
that Borobudur is one of the greatest art works that ever known since long time
ago.Borobudur temple was built by Syailendra Dynasty during the eighth century.
It needed more than two million river stones.
3. Unsur
Kebahasaan:
(1) Pertanyaan dan pernyataan tentang deskripsi
a)
Where does Borobudur temple
situated?
b)
Borobudur temple is one of the seven
wonders of the world which needs to be preserved its circumstances.
c)
It needed more than two million
river stones.
(2) Penyebutan
kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(3) Kata ganti it.
(4) Penggunaan kata sifat seperti high,big,
great, etc.
(5) Penggunaan Degree of Comparisons, seperti more, most, etc.
(6) Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi
(7) Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
4.
Topik: Berbagai hal terkait dengan tempat.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Scientific
Approach
2.
Writing process
E.
Media, Alat, dan SumberPembelajaran
1.
Media
Gambar
tempat
2.
Alat
Realief tempat, spidolwarna, kertas spectra,
kertasplano
3.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku Teks Wajib
b.
Keteladanan ucapan dan
tindakan guru menggunakan setiap tindakan komunikasi interpersonal dengan benar
dan akurat
F.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Pendahuluan (10
menit)
|
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Salam Tegur Sapa
|
1)
Guru memberi salam;
2)
Guru memeriksa
kehadiran siswa;
3)
Guru menyiapkan peserta
didik secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran.
|
KegiatanInti (60
menit)
|
|
Observing
|
Siswa diajak mereview tentang teks descriptive yang diberikan guru
yaitu tentang , pengertian teks descriptive, generic strucktur dan fungsi
sosial.
|
Siswa diajak untuk mereview tentang grammar dari teks
descriptive yang telah disediakan.
|
|
Questioning
|
Dengan bimbingan guru siswa menanyakan tentang perbedaan
antara teks descriptive yang ada di Indonesia dan teks descriptive yang da di
dalam bahasa inggris.
|
Experimenting
|
Gru mejelaskan tentang writing
process kepada murid.
|
Siswa diminta untuk membuat konsep
tentang teks descriptive mereka.
|
|
Siswa diminta untuk memikirkan
teks descriptive apa yang akan mereka buat
|
|
Associating
|
Siswa dibagagi menjadi 4 kelompok
|
Siswa hanya diberi waktu 10 menit
untuk menyelesaikan teks descriptive nya.
|
|
Networking
|
Setiap kelompok diminta untuk
mengoreksi hasil pekerjaan kelompok lain
|
Setiap siswa diminta untuk
memberi komentar pada pekerjaan teman yang lain
|
|
Penutup (10 menit)
|
|
Closing
|
1)
Peserta didik dan
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan
manfaat-manfaatnya.
2)
Peserta didik dan
guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
3)
Guru memberikan
penugasan berupa tugas mandiri untuk menuliskan deskripsi sederhana tentang
sifat dan ciri fisik benda-benda kesayangan mereka atau benda-benda unik
berdasarkan hasil penelusuran di laman-laman internet.
4)
Peserta didik memperhatikan
informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5)
Peserta didik dan
guru mengucapkan salam perpisahan.
|
G.
Rubric penilaian
Teknik
penilaian :
Writing test.
Instrumen : Writing test.
Rubric :
NO
|
COMPONENTS
|
RANGE
|
DESCRIPTION
|
1
|
CONTENT
|
15-20
10-14
5 - 9
0 – 4
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: related ideas
GOOD:
occasionally unrelated ideas
FAIR TO
POOR: very often unrelated ideas
VERY POOR:
irrelevant ideas
|
3
|
VOCABULARY
|
20 – 25
15 – 19
10 – 14
5 – 9
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: effective word choice
GOOD:
mostly effective word choice
FAIR TO
POOR: frequently error in word choice
VERY POOR:
mostly ineffective word choice
|
4
|
GRAMMAR
|
25 – 30
20 – 24
15 – 19
10 – 14
|
EXCELLENT
TO VERY GOOD: grammatically correct
GOOD: mostly
grammatically correct
FAIR TO
POOR: frequently error in grammar
VERY POOR:
very often error in grammar
|
5
|
MECHANICS
|
20 – 25
15 - 19
10 - 14
5 – 9
|
EXCELLENT TO VERY GOOD: few errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
GOOD: occasionally errors in spelling, punctuation,
capitalization, paragraphing
FAIR TO POOR: frequent errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
VERY POOR: dominated by errors in spelling,
punctuation, capitalization, paragraphing
|
TOTAL
SCORE
|
Penilaian

Maksimal
nilai
1.
Very Good : 90- 100
2.
Good : 80-90
3.
Ok :70- 85
4.
Bad : > 70
Kediri,
Kepala sekolah SMPN 1 Kunjang Guru
bahasa Ingrris
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ..
0 comments:
Post a Comment